Tips Sederhana Cara Memasang Jam Digital di Masjid Menggunakan Remote Control

Penemuan jam digital juga menyentuh jam digital masjid, membantu umat Islam untuk mengingatkan umat untuk shalat. Seperti namanya, jam tangan ini di set berbeda dari jam tangan biasa yang bisa diputar, kemudian hanya jarum penunjuk jam yang tersisa yang harus ditentukan oleh waktu.

Tidak mudah memasang jam digital di masjid dengan remote control, apalagi bagi orang yang sama sekali belum paham dengan teknologi digital. Apalagi sebagian besar pencuri masjid adalah para lansia yang biasanya belum mengenal teknologi digital. Selain menggunakan buku panduan, tentunya biasanya terdapat di dalam kotak atau kemasan jam tangan digital. Berikut beberapa tip sederhana.

Cara Memasang Jam Digital

Pengaturan Jam Digital Masjid

1. Temukan Tipenya

Cara Anda memasang jam tangan digital ini bergantung pada jenis atau merek jam tangan digital Anda. Karena setiap merek akan memiliki tombol pengaturan yang berbeda, terutama remote control OE digital mid-range clock remote control diproduksi di Indonesia dan didesain sesederhana mungkin untuk memudahkan pengaturan. Remote control memiliki beberapa tombol utama, yaitu menu, tombol start dan stop pada kotaknya, dan remote control.

Tentu saja, untuk membiasakan diri dengan jenis dan betapa mudahnya memasangnya, Anda harus membaca petunjuk di manual yang disertakan dengan jam digital untuk masjid Anda. Ingatlah bahwa beberapa jam masjid digital dibuat di Tiongkok. Pastikan Anda memiliki panduan setidaknya dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

2. Tahapan-Tahapannya

Sebagai jam yang mengingatkan waktu adzan agar disiarkan pada waktu yang telah ditentukan, maka jam digital berisi pengaturan khusus yang harus di sesuaikan dengan waktu sholat yang telah di atur oleh Majelis Ulama Indonesia dan masing-masing. wilayah. Waktu sholat berbeda.

Maka Anda harus memperhatikan hal ini. Berikut langkah-langkah mudah untuk mengatur jam digital masjid Anda.

3. Hidupkan perangkat

Jam digital masjid adalah jam yang dioperasikan dan dialiri listrik. Maka Anda perlu menjalankan jam digital masjid menggunakan jam mesin virtual, biasanya berupa adaptor dengan kabel power. Oleh karena itu, letakkan jam digital di tempat yang mudah dibaca orang atau di dekat stopkontak.

Baca Juga : 7 Jenis Kerusakan Jam Digital Masjid Dan Cara Mengatasinya

4. Tentukan pengaturan remote

Remote control untuk jam tangan digital ini memiliki beberapa tombol umum yang biasanya terdapat pada remote seperti remote TV. Remote control memiliki tombol on / off, yang biasanya berbentuk bulat. Ada tombol Enter atau OK dan tombol Atas dan Bawah untuk memilih menu yang diinginkan.

Biasanya tombol kiri dan kanan digunakan untuk memindahkan menu yang Anda pilih. Jam digital masjid sekarang memiliki tombol COR untuk memasukkan kode atau memilih kode sesuai dengan kota atau zona waktu.

Hal ini terutama penting karena waktu sholat berbeda untuk zona waktu di Indonesia bagian barat, bahkan antar provinsi pun mungkin terdapat perbedaan waktu sholat. Kemudian, tergantung pabrikannya, tombol khusus ditampilkan pada jam digital masjid ini untuk mengatur waktu dalam iqama.

5. Pilih tanggal terlebih dahulu

Cara Memasang Jam DigitalBiasanya terdapat beberapa jam digital yang otomatis terupdate dengan jangka waktu tertentu. Sehingga sangat disarankan bagi yang baru membeli jam tangan digital. Tetapkan tanggal terlebih dahulu, kemudian jam. Jangan langsung pergi ke tempat sholat atau akomodasi. Ini menghindari dua pengaturan.

6. Selanjutnya jeda Iqomah

Umat ‚Äč‚ÄčIslam tentunya sudah mengenal Ikoma, yang tidak lepas dari Adzan. Ada jeda antara adzan dan ecuma. Sebab, jam digital masjid memiliki sistem yang mengatur berhenti. Jadi, langkah selanjutnya adalah dengan mudah mengatur jam digital masjid dari jarak jauh dengan mengatur pengaturan stay pause. Ada beberapa pilihan tergantung dari jenis atau tipe jam tangan. Pause ecoma dimulai dari waktu imsak, kemudian masuk ke ecoma dan pause subuh yang biasanya 10 menit, kemudian masuk pada siang, sore, maghrib dan makan malam. Itu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Atur kota berdasarkan wilayah

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, waktu masuk shalat berbeda-beda untuk tiap daerah, bahkan dalam satu zona waktu ada waktu yang berbeda untuk masuk shalat. Karenanya beberapa jenis jam tangan digital memiliki pengaturan untuk memasukkan kode area. Masukkan nama kota tempat jam digital masjid Anda berada.

8. Jadwal sholat

Langkah terakhir dalam mengatur jam digital masjid adalah waktu sholat yang disarankan. Dewan Keluarga Masjid [DKM] menyampaikan akan memudahkan Anda untuk mengatur jam digital masjid dari jarak jauh, karena biasanya banyak jam digital masjid yang terupdate otomatis, sehingga tidak perlu menginstal dua kali untuk langkah ini.